Manfaat dan Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan


Khasiat Daun Kelor - Daun dari tanaman yang juga disebut sebagai Tumbuhan Merunggai ini mempunyai Nama latin Moringa oleifera. Tanaman ini masih suku Moringaceae. Tanaman Kelor tingginya maksimal 7 hingga 11 meter dengan bentuk daun kelor yang buat telur kecil-kecil bersusun majemuk pada satu tangkai. Sejumlah masyarakat juga menggunakan daun kelor sebagai sayur. Sebagaimana diketahui, khasiat daun kelor sudah diketahui sejak dulu sebagai obat tradisional yang cukup mujarab untuk mengatasi sejumlah penyakit. Apa saja itu? berikut diantaranya :
  1. Mengatasi nyeri pegal linu, dan reumatik. Cara mengolahnya, 3 gagang daun kelor dicampur dengan 1/2 sendok makan kapur sirih. Haluskanlah semua bahan tersebut kemudian oleskanlah di bagian yang sakit.
  2. Mengobati sakit kuning, Cara mengolahnya, siapkan 3-7 gagang daun kelor, 1 gelas air kelapa dan 1 sendok makan madu. Cuci hingga bersih gagang daun kelor kemudian haluskanlah bersama dengan air kelapa yang sudah disediakan. Sesudah itu saring airnya kemudian tambahkanlah madu. Minum airnya rutin setiap hari hingga sembuh.
  3. Mengatasi rabun ayam, cara mengolahnya, siapkanlah 3 buah gagang daun kelor, 1 gelas air serta madu secukupnya. Cuci hingga bersih daun kelornya kemudian haluskan. Bila telah halus, campurkanlah air matang lalu seduh hingga merata. Selanjutnya saring airnya dan tambahkanlah madu sambil terus diaduk. Minumlah sesaat sebelum beranjak tidur secara rutin supaya mendapat hasil yang optimal.
  4. Menghilangkan flek di wajah, Daun kelor juga bermanfaat untuk kecantikan, caranya, siapkan daun kelor secukupnya dan haluskanlah setelah sebelumnya sudah dicuci bersih. Bila telah halus, oleskanlah di wajah atau dapat juga dicampur dengan bedak yang biasanya anda gunakan. Biarkanlah sebentar lalu basuhlah wajah anda menggunakan air hingga bersih.
Nah, demikianlah sejumlah manfaat dan khasiat daun kelor untuk kesehatan dan kecantikan. Ternyata cukup banyak juga bukan, manfaat daun kelor, seperti halnya khasiat daun sirsak.
Share This Article
Komentar Anda