Manfaat Kulit Buah Manggis Untuk Kesehatan


Manfaat Kulit Buah Manggis - Buah manggis memang bukanlah buah favorit. Buah manggis mulanya tidak banyak yang menyukainya dan dikenal hanya sebagai buah untuk komsumsi saja, bagian buah yang dimakan biasanya adalah lapisan penutup biji serta biji gagal yang berupa daging putih berair karena memang itulah bagian buah yang rasanya manis. Akan tetapi, ternyata dari beberapa penelitian yang dilakuan, diketahui ternyata kulit buah manggis, kulit kayu, serta garcinia magostana yang biasanya dibuang dan tidak dikonsumsi justru memiliki banyak khasiat. Manfaat kulit buah menggis diantaranya adalah mengandung beberapa senyawa kimia yang bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan tersebut diantaranya adalah zat berwarna kuning yang berasal dari dua metabolit, yakni magostin serta B-magostin. Metabolit baru, yakni1,3,6,7-tetrahidroksi-2,8-di (3-metil-2butenil) xanton yang diebut a-magostanin.
Adapun khasiat dan manfaat kulit buah manggis untuk kesehatan diantaranya adalah :
  1. Obat disentri, cara mengolahnya kulit buah manggis dicuci kemudian dipotong-potong lalu direbus dengan 4 gelas air. Sesudah mendidih dan air rebusan hanya tersisa setengah, angkat kemudian dinginkan. Sesudah dingin, selanjutnya air rebusan disaring. Bisa juga ditambahkan dengan madu. Minumlah air ramuan ini dua kali sehari.
  2. Obat diare, cara pengolahannya sama seperti cara di atas, akan tetapi sisakan air rebusan hinga tersisa lebih sedikit.
  3. Obat sariawan, cara mengolahnya yaitu dengan membuat ramuan yang sama seperti di atas. Namun air rebusannya cukup dipakai untuk berkumur.
  4. Sebagai anti mikroba, Kulit buah manggis memiliki daya anti mikroba terhadap sejumlah jenis mikroba serta jamur.
  5. Obat anti kanker, dari sejumlah penelitian diketahui bahwa manfaat kulit buah manggis juga berguna untuk pengobatan herbal. Kulit manggis juga sedang diteliti sebagai solusi untuk mengatasi bermacam penyakit berat mematikan, salah satunya adalah kanker.
Nah, demikianlah sejumlah khasiat dan manfaat kulit buah manggis yang mungkin belum Anda ketahui. Sehingga, sekarang Anda tahu mengapa membuang kulit buah manggis adalah sebuah kesalahan. Semoga bermanfaat!.
Share This Article
Komentar Anda