Khasiat Tomat Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Khasiat Tomat - Tomat tentu bukalah hal yang asing bagi Anda, dan mungkin Anda mengonsumsinya setiap hari lantaran tomat memang banyak digunakan dalam bermacam resep masakan. Misalkan seperti sambal, saus tomat, dan lain-lain. Nah, sesekali Anda juga bisa mencoba mengonsumsi tomat mentah segar ataupun digunakan sebagai jus untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari khasiat tomat yang banyak untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut adalah sejumlah khasiat tomat yang mungkin belum Anda ketahui.
  1. Sebagai Antioksidan, Kandungan antioksidan dalam tomat yaitu beta-carotene. Tidak hanya itu, tomat pun diperkaya dengan kandungan vitamin A dan C yang kesemuanya bekerja sama sebagai pelawan radikal bebas yang mencoba masuk dalam tubuh.
  2. Mengendalikan diabetes, Tomat juga banyak mengandung mineral yang bernama kromium, di mana kromium memiliki fungsi untuk membantu penderita diabetes dalam mengendalikan kadar gula di dalam darah penderita diabetes.
  3. Efek rokok, bila Anda merupakan mantan perokok, jangan ragu untuk makan tomat setiap hari, karena tomat memiliki kandungan asam chlorogenic serta coumaric yang merupakan pelawan karsinogen yang telah ditimbulkan oleh rokok.
  4. Melawan kanker, Dalam sebuah penelitian diketahui kalau dengan makan tomat mampu untuk  menurunkan resiko kanker lambung serta usus besar. Hal itu karena di dalam tomat terkandung lycopene yang merupakan antioksidan alami untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.
  5. Menyehatkan mata, lantaran tomat banyak mengandung vitamin A, makan sayuran ini pun mampu untuk menyehatkan mata. Terutama bila Anda memang mengalami masalah penglihatan pada malam hari.
  6. Menyehatkan jantung, Tomat mengandung Kalium serta vitamin B yang ampuh dalam menurunkan tekanan darah serta kadar kolesterol. Anda dapat memperoleh kedua nutrisi ini dengan mengonsumsi tomat segar.
  7. Mencerahkan kulit, khasiat tomat juga untuk kecantikan, yaitu berkhasiat mencerahkan kulit. Cara menggunakannya adalah kupas tomat kemudian gunakan kulitnya menjadi masker wajah alami. Biarkanlah selama sekitar sepuluh menit kemudian bilas. Lakukanlah cara ini secara rutin untuk memiliki wajah yang bersih dan bersinar.
  8. Mencegah batu ginjal, Mengonsumsi tomat tanpa bijinya diketahui mampu menurunkan resiko batu ginjal. Oleh karena itu, jangan malas untuk mengonsumsi sayuran merah yang satu ini.
  9. Membuat rambut berkilau, tidak hanya untuk kecantikan kulit, tomat juga berkhasiat untuk kesehatan rambut. Cukup dengan makan tomat secara rutin Anda akan mendapatkan rambut yang berkilau, karena tomat mengandung vitamin A yang membuat rambut kuat serta berkilau.
  10. Memperkuat tulang, tomat pun kaya akan vitamin K serta kalsium yang berguna untuk menjaga kekuatan tulang. Sehingga, selain mengkonsumsi suplemen, perbanyak juga konsumsi tomat supaya tulang makin kuat.
Demikianlah sejumlah manfaat dan khasiat tomat untuk kesehatan dan kecantikan. Jadi, tidak ada salahnya Anda mengonsumsi tomat setiap hari untuk mendapatkan khasiatnya.
Share This Article
Komentar Anda